Rem tromol adalah salah satu konstruksi rem yg sistem pengeremannya menggunakan tromol rem ( brake drum ), sepatu rem ( brake shoe ), dan silinder roda ( wheel cylinder ). berikut penjelasannya mengenai bagian-bagian yg terdapat pada rem tromol :
1. Wheel cylinder
Silinder roda ( wheel cyinder ) terdiri dari body dan piston. fungsi dari wheel cylinder adalah untuk mendorong sepatu rem ( brake shoe ), ketika pedal rem diinjak maka fluida akan mengalir mengakibatkan tekanan hidrolik yg mengakibatkan piston terdorong sehingga akan membuat spatu rem ( brake shoe ) terangkat dan bergesekan dg tromol. dan didalam silinder roda ada yg menggunakan 1 - 2 piston tergantung dari jenis kendaraan dan penggunaanya.
2. Sepatu Rem ( brake shoe )
fungsi sepatu rem ( brake shoe ) adalah untuk mengurangi laju kendaraan. ketika pedal rem diinjak maka tekanan hidrolik mgakibatkan silinder mendrong sepatu rem sehingga bergesekan dengan tromol mengakibatkan kecepatan laju kendaraan berkurang. kanvas rem terbuat dari bahan asbes yg dicampur dg beberapa bahan lainnya shingga lebih kuat. bahan tersbut bisa berupa tembaga,kuningan,serta kramik.dll.
3. Tromol ( brake drum )
gambar disamping adalah tromol shingga mengapa dinamakan dg sistem rem tromol, krna kanvas rem brgesekan dg tromol ktika terjadinya pengereman. Pada saat terjadinya gesekan antara kanvas rem dg tromol mngakibatkan peningkatan suhu panas antara 200-300°C.karnanya tromol harus dibuat sekuat mungkin untuk mampu dalam suhu panas tersebut. biasanya trmol terbuat dari bahan besi tuang yg dicampur bahan lainnya.
2. Sepatu Rem ( brake shoe )
fungsi sepatu rem ( brake shoe ) adalah untuk mengurangi laju kendaraan. ketika pedal rem diinjak maka tekanan hidrolik mgakibatkan silinder mendrong sepatu rem sehingga bergesekan dengan tromol mengakibatkan kecepatan laju kendaraan berkurang. kanvas rem terbuat dari bahan asbes yg dicampur dg beberapa bahan lainnya shingga lebih kuat. bahan tersbut bisa berupa tembaga,kuningan,serta kramik.dll.
3. Tromol ( brake drum )
gambar disamping adalah tromol shingga mengapa dinamakan dg sistem rem tromol, krna kanvas rem brgesekan dg tromol ktika terjadinya pengereman. Pada saat terjadinya gesekan antara kanvas rem dg tromol mngakibatkan peningkatan suhu panas antara 200-300°C.karnanya tromol harus dibuat sekuat mungkin untuk mampu dalam suhu panas tersebut. biasanya trmol terbuat dari bahan besi tuang yg dicampur bahan lainnya.
No Responses to "Mengenal Fungsi Rem Tromol "